4 Ciri-Ciri Bunga Edelweis Berdasarkan Morfologinya

Minggu, 25 November 2018

4 Ciri-Ciri Bunga Edelweis Berdasarkan Morfologinya

Bagi para pencinta alam tentunya sudah tidak asing lagi bukan dengan bunga edelweis? Sudah tahukah Anda ciri-ciri bunga edelweis ini? Bunga edelweis merupakan salah satu bunga endemik yang hanya tumbuh di pegunungan Indonesia saja. Di kalangan pendaki gunung, bunga ini merupakan bunga yang sudah sangat terkenal akan kecantikannya. Bahkan bunga ini disimbolkan sebagai bunga keabadian. Namun sayangnya, keberadaan bunga edelweis ini semakin langka sehingga bunga ini digolongkan menjadi bunga yang dilindungi.

ciri bunga bangkai,ciri ciri bunga kantong semar,ciri ciri dan informasi bunga bangkai,ciri ciri raflesia,ciri-ciri dan informasi bunga edelweis,deskripsi bunga edelweis,klasifikasi edelweis,
Baca juga : Karpet Aquascape

Bunga yang tergolong langka ini hanya bisa dilihat di pegunungan Indonesia dengan ketinggian 3000 mdpl. Karena letaknya yang sangat tinggi dan membutuhkan perjuangan untuk melihatnya, maka bunga ini dijuluki sebagai bunga keabadian. Bentuk bunga edelweis ini juga sangat unik dengan kelopak bunga yang menyerupai wol. Nah, ciri-ciri bunga edelweis bisa dilihat dari bentuk batang, daun, akar, dan bunganya. Untuk lebih jelasnya berikut ini penjelasannya:
  • Bentuk batang bunga edelweis
Klasifikasi edelweis bisa dilihat dari bentuk batangnya. Bunga edelweis ini termasuk tanaman epifit dengan batang yang tidak terlalu besar. Batang dari tanaman bunga edelweis ini menjadi tangkai bunga edelweis. Panjang dari tangkai atau batang bunga edelweis ini tidak akan melebihi 40 cm. Rata-rata panjang tangkai bunga edelweis hanya sekitar 3 sampai dengan 40 cm saja.
  • Bentuk daun bunga edelweis

Daun bunga edelweis mempunyai keunikan tersendiri, yaitu daunnya diselimuti bulu putih yang hampir mirip wol. Selain itu, bentuk dari daun bunga edelweis ini sangat kecil menyerupai ujung tombak. Daun yang ada pada tanaman bunga edelweis ini tidak terlalu banyak. Tidak hanya itu, disekitar daun bunga juga tidak ada duri ataupun racun yang melindungi tanaman ini.
  • Bentuk akar bunga edelweis

Ciri-ciri bunga edelweis pada bagian akarnya yaitu mempunyai akar yang kuat, hal ini dikarenakan bunga edelweis termasuk tanaman yang hidup di tanah vulkanik dan menjadi tanaman dengan akar serabut. Selain di tanah pegunungan, edelweis juga bisa hidup di tanah yang tandus. Tanaman ini juga merupakan tanaman yang bisa merambat pada tanaman lainnya.
  • Bentuk bunga edelweis

Bentuk bunga edelweis tidak sama dengan bentuk bunga lainnya. Bunga edelweis tersusun atas kelopak dengan warna putih yang bertekstur lembut. Kelopak bunga edelweis ini sangat lembut seperti kain wol. Sedangkan kepala bunga ini berwarna kuning dengan diameter hanya sekitar 5 milimeter saja. Jumlah kelopak bunga edelweis hanya sekitar 5 sampai dengan 6 saja.
Deskripsi bunga edelweis sebagai bunga keabadian yang sangat indah ini memang tidak berlebihan. Dengan ciri-ciri bunga edelweis yang sudah dijabarkan tentunya Anda semakin memahami bagaimana sebenarnya bunga edelweis ini. Keunikan dari bunga edelweis adalah tidak akan layu jika sudah dipetik dan disimpan di tempat yang kering. Keindahan bunga edelweis ini memang patut untuk dilestarikan. Oleh karena itu, sangat disarankan para pendaki untuk tidak memetik dan membawa pulang bunga ini.