Tips Memilih Bibit Tanaman Buah Impor Agar Tak Tertipu

Sabtu, 24 November 2018

Tips Memilih Bibit Tanaman Buah Impor Agar Tak Tertipu

Mengisi pekarangan atau kebun dengan koleksi tanaman buah impor pastinya sangat menarik. Selain bisa menjadi penghilang stress, berkebun dan menikmati buah-buahan dari pekarangan sendiri juga merupakan pengalaman yang asyik. Namun memilih bibit tanaman buah impor maupun lokal bukan hal yang mudah. Karena butuh keahilan dan pengetahuan untuk mendapatkan bibit yang benar=benar asli dan berkualitas. Nah, sebagai sedikit panduan, berikut ini adalah tips dalam memilih bibit tanaman buah impor yang mungkin Anda butuhkan.

bibit tanaman buah bersertifikat,bibit tanaman buah kiwi,jual bibit buah unik,jual bibit import,jual bibit tanaman buah cangkokan,jual bibit tanaman buah langka,jual bibit tanaman buah online,
Baca juga : Bibit Tanaman Buah
  • Tentukan Dulu Jenis Tanaman

Sebelum membeli bibit ada baiknya Anda menentukan dulu jenis tanaman buah impor yang Anda inginkan. Anda bisa mencari tahu berbagai jenis buah impor yang sekiranya cocok di tanam di kebun atau pekarangan Anda. Termasuk bagaimana cara perawatan bibit tanaman buah tersebut. Karena sebelum bibit datang ke rumah Anda, Anda tentulah sudah menyiapkan media tanam untuk bibit tersebut agar bibit tersebut bisa ditanam dengan baik dan tepat.
  • Survey Harganya

Bibit tanaman buah impor biasanya dijual dengan harga yang lebih tinggi daripada bibit lokal, walaupun tidak selalu seperti itu. Ada baiknya jika Anda sudah menentukan pilihan ingin membeli bibit apa dan varietas apa, Anda mencari tahu dulu harga bibit tanaman tersebut. Sehingga ketika Anda membelinya baik secara online maupun offline Anda bisa membandingkannya dan mendapatkan harga yang pas.
  • Pilih Penjual Terpercaya

Dalam membeli bibit tanaman buah impor pastikan Anda membeli di toko bibit tanaman buah impor yang terpercaya. Artinya toko tersebut memang benar-benar menjual tanaman buah impor asli, yang dibibitkan dari indukan berkualitas dan cara pembibitan yang benar. Jangan sampai Anda tertipu dan mendapatkan bibit tanaman yang berbeda atau buruk kualitasnya. Sebaiknya, Anda menghubungi secara personal pemilik toko tersebut, dan bertanya-tanya terlebih dahulu sebelum membeli.
Penjual yang baik tentunya paham jenis-jenis bibit yang Anda inginkan, memberikan harga yang kompetitif, bisa memberikan arahan teknik perawatan dan penanaman yang baik agar tanaman sehat dan produktif serta informasi lainnya. Informasi mengenai bibit yang Anda maksud juga tepat, misalnya apakah bibit tersebut berasal dari biji, stek, atau okulasi. Karena teknik pembibitan yang berbeda membutuhkan perawatan yang berbeda pula.

Jadi, setidaknya dalam memilih bibit tanaman buah impor Anda harus mempertimbangkan panduan diatas agar tak salah beli. Sayang bukan jika sudah mengeluarkan sejumlah uang namun ternyata mendapatkan bibit yang bukan diharapkan. Apalagi jika tanaman tersebut sudah terlanjur dirawat sampai besar dan mulai berbuah lalu buahnya berbeda dari jenis yang seharusnya, wow pastinya kecewa bukan. Karena itu tidak perlu buru-buru dalam membeli bibit tanaman buah terutama yang impor. Pastikan membelinya hanya dari penjual yang terpercaya dan berpengalaman.